Aturan Mudik Lewat Tol, Setop di Rest Area Paling Lama 30 Menit

SHARE  

Pengendera antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di rest area Km 294B, Jalan Tol Pejagan-Pemalang,Tegal, Jawa Tengah.  PT Pertamina (Persero) saat ini menyiapkan fasilitas pengisian BBM tambahan selama arus mudik lebaran 1443 H, hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik 2022. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Pengendera antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di rest area Km 294B, Jalan Tol Pejagan-Pemalang,Tegal, Jawa Tengah. PT Pertamina (Persero) saat ini menyiapkan fasilitas pengisian BBM tambahan selama arus mudik lebaran 1443 H, hal itu untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik 2022. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia – Jelang periode mudik Lebaran, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menerapkan aturan khusus di rest area jalan tol. Seperti diketahui, setiap musim mudik, rest area selalu menjadi titik kepadatan.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Tulus Abadi mengungkapkan pemudik yang ingin istirahat di rest area akan dibatasi 30 menit. Menurutnya, aturan tersebut dilakukan untuk mencegah kepadatan di rest area jalan tol. Aturan ini pun berlaku pada saat momentum mudik tahun ini.

Baca: Naik Hari Ini! Cek Tarif Baru Tol Kelapa Gading-Pulogebang

“Kita sudah sosialisasikan ke pengelola rest area hendaknya pemudik tidak berlama-lama saat di rest area. Kita nanti akan batasi paling lama 30 menit supaya tidak terjadi penumpukan,” kata Tulus dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dengan tema 193,6 Juta Orang Mudik, Bagaimana Antisipasi Pemerintah?, Senin (25/03/2024).

Pertamina menyiapkan mobil pickup dan sepeda motoris pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Rest Area 379 A Ruas Batang-Semarang, Minggu (16/4/2023). (Dok: Pertamina)Foto: (Dok: Pertamina)
Pertamina menyiapkan mobil pickup dan sepeda motoris pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Rest Area 379 A Ruas Batang-Semarang, Minggu (16/4/2023). (Dok: Pertamina)

Pihaknya juga telah melakukan antisipasi agar pengemudi juga tidak berlama-lama di rest area, yakni dengan menambah toilet portable supaya tidak terjadi antrian panjang. Selain itu, BPJT juga mengimbau kepada pemilik restoran atau tenant di rest area agar melakukan pelayanan yang cepat dan kalau bisa memberlakukan pesan makanan take away atau dibungkus.

“Nanti rest area yang penuh akan kita kunci. Kita berlakukan sistem tutup buka agar ketika rest area ini sudah penuh, maka pemudik bisa menggunakan rest area setelahnya. Hal itu juga dimaksudkan agar pengemudi tidak parkir di bahu jalan di dekat rest area,” imbuhnya.

Untuk tahun ini, BPJT telah memberikan lampu hijau untuk membuka 6 ruas tol yang beroperasi secara fungsional dan gratis. Pembukaan tol gratis dibatasi dari pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sore.

Baca: Mau Mudik? Ini Bedanya Mudik Pakai Mobil Pribadi Vs Mobil Sewaan

BPJT menjamin, tol-tol fungsional ini sudah layak digunakan selama mudik Lebaran. Fasilitas pendukung dan tingkat safety tol juga sudah terpenuhi dengan baik sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk menggunakan jalan tol fungsional untuk mudik Lebaran.

“Kita juga sudah sosialisasikan ke BUJT (Badan Urusan Jalan tol) agar menghentikan pembangunan selama mudik lebaran sehingga bebas dari alat-alat berat dan penumpukan material di ruas jalan https://ujiemisiapel.com/tol,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*